Minggu, 13 Mei 2012

0 TRAGEDI JATUH NYA SUKHOI SUPER JET 100 DI GUNUNG SALAK - 9 MEI 2012

Indonesia kembali dirudung duka yang mendalam.
Kemarin pada tanggal 9 Mei 2012 sebuah pesawat yang sedang melakukan Joy Flight untuk menarik para investor dari sebuah perusahaan produsen pesawat terkenal "SUKHOI"mengalami kecelakaan di sekitar Gunung Salah ,jawa barat.
 Pesawat yang memiliki teknologi canggih dan terkini itu hilang dari radar sekitar pukul 2.00 PM dan dipastikan menabrak tebing di area gunung salak.
 Sebenarnya pesawat itu akan dipesan oleh beberapa perusahaan penerbangan di indonesia,dan untuk meyakinkan mereka melakukan joy flight dengan memberikan penerbangan gratis kepada tamu undangan yang tentunya berasal dari kalangan media dan representatif dari perusahaan penerbangan di negeri ini.
 dengan membawa 38 penumpak dan 8 awak pesawat ini terbang dari Lanud Halim dengan tujuan Pelabuhan ratu namun nahas,setelah terbang beberapa saat kemudian sang pilot meminta ijin dari ATC ( Air Traffic Control) untuk menurunkan ketinggian pesawat dari 10K menjadi 6K yang diketahui merupakan titik tak aman.
Tapi banyak kabar simpang siur terjadi mengenai hal ini,dan masih menjadi sebuah perdebatan publik.
Jelas saja dengan menurunkan ketinggian sampai segitu rendahnya,maka pesawat SSJ 100 itu tak mampu menghindar dari tebing gunung salak dan langsung menumbruk tebing dengan kecepatan sekitar 800 km/jam.
  Tragedi ini sekali lagi menjadi bahan panjang daftar kecelakaan pesawat di Indonesia sekaligus salah satu yang terparah di gunung salak.
Pemerintah pun segera mengerahkan semua tim yang ada untuk menemukan korban baik yang selamat atau tidak dari tragedi ini.
 Dari BASARNAS,PMI,MAPALA,dan dari elemen lainnya.
Pemerintah Rusia sebagai negara penghasil Sukhoi ini pun segera mengucapkan bela sungkawa melalui telephone dengan Presiden SBY dan menawarkan bantuan tim pencari dan identifikasi,dan mereka sudah datang kemarin.
 Pencarian pun masih dilanjutklan dengan tanpa menyerah.
Melewati medan yang berat dan masih bertumpu dengan membawa harapan agar setidaknya ada yang masih selamat ,atau kalau tidak menemukan jenazah mereka.
Pesawat Canggih SSJ 100 ini membawa sekitar 45 orang tapi soal jumlah penumpang juga masih belum jelas karena manifest yang terbaru terbawa oleh penumpang di pesawat nahas itu.
 Keluarga para korban pun sudah berkumpul dengan membawa barang milik korban untuk dicocokan DNA mereka oleh tim Identifikasi.
 Mereka pun masih berharap ada mujizat dari yang kuasa begitu juga kami semua.
sampai saat berita ini kami ketik,setidak sudah ada sekitar 16 kantong jenzah dibawa ke Halim dari lanud atang sanjaya bogor.
 Selain itu tim pencari juga mencari Black Box yang ada di pesawat tersebut untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya.
  Hal yang membingungkan kami adalah ,bagaimana seorang pilot berpengalaman dalam pemetaan dan udara tiba - tiba meminta menurunkan kertinggian sampai serendah itu,dan apakah ATC memang memberikan ijin untuk melakukan hal tersebut.
   Dari beberapa alasan yang kami dapat antara lain :
1.Pilot meminta ijin menurunkan ketinggian dan ATC memberikan ijin karena pilot ingin menurunkan pesawat di Lanud atang sanjaya yang dimana oleh pilot telah melihat lanud itu,ini dikarenakan faktor cuaca yang buruk namun sepertinya Tuhan berkehendak lain.
2.Kemungkinan Pilot ingin memperlihat kan manuver kepada para penumpang untuk menarik pembeli,hal ini menurut sebuah sumber diperbolehkan melakukan hal ini bagi pilot bahkan sampai menurunkan ketinggian pesawat.
3.Pada saat itu area Gunung salah terkepung oleh Awan cummulus nimbus setebal 37K sehingga mungkin Pilot ingin mencari aman namun tak tahu ada tebing menjulang disitu.
4.adanya medan tarik yang besar dari gunung salak sehingga pilot hilang kontrol juga adanya teori rung hampa ketika melewati awan disekitar gunung salak.

  Apapun teori yang keluar ,namun tragedi tersebut telah menjadi duka mendalam bagi kita semua.
dan kita hanya berharap agar tim pencari segera menemukan para korban diantara puing - puing pesawat yang tercecer disekitar gunung salak.
 semoga hal ini menjadi pelajaran bagi kita bersama dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran dan yakinlah tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan YME.
sekian dari kami dan kami juga masih memantau perkembangan tragedi jatuhnya pesawat SSJ 100 ini.
sekian dan terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

UNTUK MEMBANTU KELANGSUNGAN BLOG KAMI
DI MOHON UNTUK BERKOMENTAR TANPA MENYEMATKAN LINK DI DALAM KOMENTAR ,TERIMA KASIH
SALAM MEDIA ANIME AND PORTAL NEWS
Terima Kasih

Pengikut

 

PORTAL BERITA INDONESIA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates