Selasa, 11 Desember 2012

0 DONT LET AIDS KILLS OUR GENERATION | PEKAN KONDOM NASIONAL 2012

Pekan Kondom Nasional 2012 - Tanggal 1 Desember setiap tahun diperingati sebagai hari AIDS sedunia dan diperingati dengan banyak acara yang selalu berhubungan dengan salah satu penyakit yang saat ini menjadi tantangan terbesar manusia yaitu AIDS.
 AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome ( wikipedia) merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem immun atau kekebalan pada tubuh manusia yang disebabkan oleh virus bernama HIV atau Human Immunodeficiency Virus (wikipedia) dan virus - virus serupa lainnya .
Oleh karena itu Kita biasa menyebut AIDS juga dengan HIV yang sebenarnya kedua kata ini memiliki arti yang jauh berbeda namun sangat berkaitan.
AIDS sejak kemunculannya telah menyebar ke berbagai negara di dunia dan terus berkembang menjadi sebuah penyakit yang saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini secara total, bahkan jika seseorang jika terkena penyakit ini banyak orang akan menvonis nya tinggal menunggu waktu saja.
Tetapi dengan perkembangan ilmu kedokteran yang semakin maju maka bagi penderita HIV/AIDS dapat mengkonsumsi obat obat antiretroviral yang fungsinya bukan mengobati tetapi mencegah virus HIV dalam tubuh menyebar ke banyak tempat dalam organ tubuh manusia secara cepat atau bisa dikatakan obat ini hanya memperpanjang masa hidup penderita nya saja dan harga obat ini sangat mahal tentunya dan harus dikonsumsi secara rutin .
 Kembali ke tema kita kali ini yaitu Pekan Kondom Nasional 2012, Di Indonesia sendiri penderita HIV/AIDS semakin bertambah banyak dan menjalar tidak hanya di daerah rawan PSM ( penyakit Seks Menular ) seperti di kota besar dengan gaya hidup praktis dan bebas namun juga telah menyebar pula ke daerah kecil di pedalaman.
 Bahkan menurut data yang ada, daerah Papua saat ini menjadi daerah dengan penderita HIV / AIDS terbanyak di Indonesia.
  Hal ini menunjukan tidak selalu sebuah tempat dengan daerah rawan PSM seperti lokalisasi /klub malang/dan daerah dengan tingkat hiburan malam yang tinggi memiliki risiko yang tinggi pula walaupun ini tidak dapat menjadi acuan yang pasti.
 Namun lebih dari itu kesadaran dalam masyarakat lah yang paling penting.
Selama ini tingkat penularan HIV / AIDS paling banyak dikarenakan oleh Hubungan seks bebas yang tidak aman.
Ini sangat masuk akal karena kebanyakan penularan seperti ini terjadi pada anak dengan usia produktif yang kebanyakan tidak mengerti atau bahkan tidak mau melakukan seks yang aman dengan pasangannya.
lantas apakah yang kita maksud dengan Seks Aman tersebut ?
 Sesuai tema di atas kali ini kita akan membahas bagaimana Seks aman sangat berpengaruh dalam mencegah penularan penyakit HIV / AIDS dalam masyarakat .
perlu diketahui ada beberapa cara penularan penyakit ini ,yaitu Tiga jalur utama (rute) masuknya virus HIV ke dalam tubuh ialah melalui hubungan seksual, persentuhan (paparan) dengan cairan atau jaringan tubuh yang terinfeksi, serta dari ibu ke janin atau bayi selama periode sekitar kelahiran (periode perinatal). Walaupun HIV dapat ditemukan pada air liur, air mata dan urin orang yang terinfeksi, namun tidak terdapat catatan kasus infeksi dikarenakan cairan-cairan tersebut, dengan demikian risiko infeksinya secara umum dapat diabaikan ( wikipedia ).
  Dalam hal ini penularan melalui hubungan seks berisiko sangat besar dalam memberikan kontribusi nya terhadap jumlah penderita AIDS.
Hal ini dapat kita lihat bagaimana saat ini pergaulan bebas yang semakin menjadi dan tidak terkendali.
 Indonesia saat ini menjadi salah satu negara dengan tingkat penderita AIDS yang menuju ke taraf yang semakin menakutkan.
 Jika penyuluhan dan sosialisasi mengenai apa dan bagaimana HIV / AIDS itu tidak digalakan maka ditakutkan akan membuat negara ini menjadi Afrika selanjutnya .
Saat ini saja negara - negara di Afrika semakin gencar dalam program penanggulangan AIDS ,lantas bagaimana dengan Kita ?
 Salah satu yang paling penting adalah Penyuluhan mengenai program Seks aman yang harus disosialisasikan ke generasi muda dan juga kepada para pelaku seks rawan semacam wanita penghibur / pegawai Klub malam /dan lainnya.
 Selain itu sosialisasi di sekolah pun dapat dilakukan agar para pemuda dan pemudi kita tahu bagaimana dan seperti apa penyakit ini.
 Bagaimana sebenarnya Seks yang aman tersebut ?
Untuk hal itu ,pertama - tama kami mengingatkan kepada pembaca kalau informasi berikut bukan dimaksudkan untuk melegalkan seks bebas namun lebih terhadap pencegahan penyakit Seks Menular ( PSM ) di kalangan masyarakat rawan PSM dan juga kalangan umum juga.
Seks Aman adalah tindakan yang dilakukan dengan memperhatikan bagaimana dan seperti apa kita melakukan sebuah hubungan seks tanpa memberikan risiko yang membahayakan seperti Penularan penyakit menular ataupun kehamilan diluar nikah ( sekali lagi kami tidak menganjurkan adanya seks bebas ).
 Seperti yang kita uraikan di atas kalau HIV / AIDS dapat menular melalui hubungan seks yang tanpa memakai pengaman.
Oleh karena itu ,untuk menerapkan seks yang aman maka kita harus menggunakan sebuah pengaman dan salah satu yang paling terkenal adalah Kondom.
 Kondom merupakan sebuah alat pengaman yang terbuat dari bahan elastis yang kuat dan mampu menahan cairan yang masuk ataupun keluar dari hubungan seks yang dilakukan.
 Dengan menggunakan Kondom maka kita dapat mencegah penularan penyakit semacam HIV lebih luas.
Namun masalah yang paling besar saat ini ,kondom dianggap barang yang tabu digunakan oleh sebagian orang.
Mereka kebanyakan dengan memakai kondom maka tidak akan dapat mencapai kepuasaan yang diinginkan.
Inilah yang harus sosialisikan kepada masyarakat luas terutama pada kaum pria ( remaja /dewasa ).
 Karena kita tentu tidak tahu apakah pasangan bercinta kita itu penderita HIV atau bukan ,dalam hal ini para PSK / wanita atau lelaki panggilan / dan sejenisnya sangat rawan.
Oleh karena itu demi keamanan bersama maka penggunaan Kondom sangat diperlukan.
 Dan dalam rangka Pekan Kondom Nasional 2012 ini diharapkan masyarakat sadar dengan apa yang mereka lakukan ,dan mulai tahu seluk beluk mengenai HIV / AIDS itu.
penyuluhan mengenai kondom pun harus banyak dilakukan bukan untuk melgalkan suatu hubungan tanpa status yang resmi namun hal ini lebih ke arah kebaikan banyak orang.
 Penyuluhan pun diharapkan dilakukan tidak hanya di kota besar dan daerah rawan PSM namun juga ke daerah - daerah terpencil sekalipun.
 Ingat walaupun saat ini ada yang mengatakan memakai kondom pun masih dapat berisiko tertular virus HIV / AIDS namun itu lebih baik daripada tidak mencoba seks yang aman.
 Selain itu dalam penyuluhan ini kita juga memperjelas mengenai keberadaan ODHA ( Orang dengan HIV / AIDS ).
 Mereka bukan lah orang yang harus dikucilkan dan dihindari namun mereka seharusnya dirangkul dan diajak berbagi karena mereka lah yang lebih tahu bagaimana sebuah penderitaan yang dialami orang yang tertular AIDS baik secara sengaja atau pun tidak.
 Karena diharapkan dengan Pekan Kondom nasional 2012 ini ,mari kita teriakan " STOP FREE SEX ,DO SAFETY AND DON'T LET AIDS KILL OUR GENERATION "
 Sekian informasi kami dan semoga bermanfaat.
Sekali lagi kami tidak bermaksud memberikan informasi untuk melegalkan seks bebas namun lebih untuk memberikan informasi bagaimana mencegah Aids / Hiv dengan melakukan seks yang aman.
Salam Blogger.

0 komentar:

Posting Komentar

UNTUK MEMBANTU KELANGSUNGAN BLOG KAMI
DI MOHON UNTUK BERKOMENTAR TANPA MENYEMATKAN LINK DI DALAM KOMENTAR ,TERIMA KASIH
SALAM MEDIA ANIME AND PORTAL NEWS
Terima Kasih

Pengikut

 

PORTAL BERITA INDONESIA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates