Jumat, 28 November 2014

4 IDE UNTUK SURAMADU - KREASI, INOVASI, DAN ASPIRASI UNTUK KEBANGGAAN NEGERI.

Sumber : imageshack.com
     Jembatan Suramadu, siapa yang tidak kenal salah satu ikon kebanggan Indonesia yang terdapat di Jawa timur, di mana merupakan sebuah jembatan nan megah yang menghubungkan antara pulau Jawa ( Surabaya ) dengan pulau Madura
 ( Bangkalan ). Jembatan dengan panjang 5438 meter ini, diresmikan pada tanggal 10 Juni 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang sampai saat ini yang membentang di Selat Madura.

      Jembatan ini dibangun bertujuan untuk mempermudah akses dari pulau Jawa ke wilayah Madura yang sebelumnya menggunakan kapal penyeberangan lewat laut. Dengan adanya jembatan ini, diharapkan sekali pembangunan infrastruktur di wilayah Madura akan berkembang dan maju, sehingga akan meningkatkan taraf ekonomi dan pendapatan bagi penduduk Madura. Bukan hanya itu saja, dengan pemerataan pendapatan di wilayah Madura yang selama ini terkonsetrasi di pulau Jawa, maka hal itu juga akan mengurangi tingkat urbanisasi penduduk Madura ke pulau Jawa, sehingga mengurangi kepadatan jumlah penduduk di pulau Jawa yang semakin tidak terkendali.
Namun walaupun begitu, sampai saat ini masih belum menunjukan dampak perkembangan yang signifikan di wilayah Madura. Karena itu, pemerintah dalam hal ini adalah pemerintah Jawa Timur, harus mencari cara bagaimana agar adanya jembatan Suramadu dapat memberikan manfaat dan juga dampak positif bagi warga Madura pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.
Untuk itu itu pemerintah membentuk sebuah Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura ( BPWS ) yang bertugas untuk melaksanakan pengelolaan, pembangunan, dan fasilitasi percepatan kegiatan pembangunan wilayah Suramadu. Apa yang telah BPWS lakukan bukan hanya meningkatkan pembangunan dan pelayanan saja, tapi juga dalam aspek percepatan pendapatan dan pembangunan infrastruktur di Madura dengan meningkatkan kunjungan pariwisata dan juga budaya nya ke masyarakat dalam ataupun luar negeri. Mengenalkan keindahan, keragaman, budaya, dan juga masyarakatnya agar lebih dikenal, akan memberikan dampak sangat positif, baik berupa pendapatan dari wisata juga berupa investasi di wilayah Madura. Lantas, bagaimana agar hal itu dapat direalisasikan agar berjalan dengan lancar dan tepat sasaran? 

     Pada dasarnya, dengan adanya Madura itu sendiri adalah magnet untuk menarik banyak sekali kunjungan wisatawan ke Madura, dan Jembatan Suramadu adalah sebuah penghubung dan kelengkapan yang tidak terpisahkan. Dengan kemajuan, modernisasi, dan juga sebagai kota metropolitan, Surabaya juga harus mampu menjadi kelengkapan lain agar menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Madura dengan melewati Suramadu. 
Oleh karena itu, apa yang telah dilakukan selama ini sudah sangat baik tetapi masih kurang untuk membuat Madura semakin bercahaya tanpa perlu lilin di sampingnya
Perlu sebuah inovasi, kreasi, dan aspirasi dari masyarakat luas, bukan hanya masyarakat Madura saja, tetapi semua warga Indonesia. 
Apa yang dibutuhkan agar Jembatan Suramadu, Madura, dan Surabaya dikenal seluruh pelosok tanah air bahkan dunia, itulah yang sangat diharapkan. 
Karena itu, sebagai seorang warga jawa timur, sebagai seorang blogger ataupun penulis newbie, saya di sini ingin membagikan ide dan juga masukan agar Madura dapat berkembang menjadi lebih dikenal dan maju. 
Sekarang ini sudah dikenal tentunya, tetapi belum terkenal secara mandiri dan keseluruhan. 

      Apa yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut di atas? Banyak sekali yang dapat kita gali dan kembangkan dari madura. Hal yang paling berkesan adalah tradisi, budaya, dan masyarakatnya yang sangat menarik wisatawan untuk berkunjung andai dapat dikelola dengan tepat dan cerdas.
Munculnya beberapa paket perjalanan wisata oleh biro tour and travell sudah sangat tepat. 
Namun, jika hanya mengandalkan itu, pasti akan berjalan ditempat. Sebaiknya, ada paket wisata seperti halnya di Bali. Kenali masyarakat madura, tradisinya, budayanya, dan juga ragam kulinernya. 
Bangun sebuah paket wisata lengkap dengan tidak hanya 1 hari kelar. Tidak masalah jika 2, 3, atau 5 hari. Selama itu merupakan paket yang mendidik dan memberikan manfaat, pasti akan banyak yang berminat.
     Langkah selanjutnya, sebuah rencana tidak akan matang jika tanpa sebuah persiapan, dalam hal ini adalah promosi.
Ada banyak cara dapat dilakukan, namun ada dua kemungkinan yang dapat menjadi sebuah peluang. 
Pertama, promosi dengan metode door to door ( Ini bukan MLM lho ). Dengan menunjuk beberapa duta wisata Madura agar mengenalkan ke berbagai daerah di Jawa Timur dan juga kota besar lain di Indonesia. Fungsinya untuk memberikan informasi dan juga mempromosikan Madura agar mereka tertarik berkunjung ke sana. Anak sekolah paling tepat, perusahaan jika berminat, atau individu ataupun kelompok andai ada niat. 
Cara kedua, dengan cara menyebarkan secara virtual di dunia maya ke seluruh dunia. Saat ini, kemajuan teknologi dan juga percepatan informasi dapat dilakukan dengan mudah. Internet, itulah jawabannya. 
Dalam hal ini Komunitas Blogger Madura yang beralamatkan situs di plat-m.com merupakan contoh nyata dari kreatifitas anak muda Madura dalam memanfaatkan kemajuan teknologi. Di sana terdapat banyak sekali informasi yang berguna bagi para Traveller yang ingin lebih tahu banyak soal Madura. Dengan semakin banyaknya perihal Madura di dunia-nya mbah google, maka akan semakin banyak tahu dan tertarik untuk bertemu. Jadi, menggunakan blog dan internet ( Sosmed dkk ) sangat tepat sekali. 
     Next, adalah pembangunan dan pengembangan serta penambahan fasillitas untuk daerah-daerah yang menjadi tujuan wisata. Dengan adanya kelengkapan dan perawatan yang tepat, tentu akan menambah nilai plus. Bukan hanya tempatnya, tapi juga bagi para pengunjungnya. 
Indonesia.travel 

Keramahan masyarakat, budaya, keunikan tradisi, dan juga beragamnya kuliner ataupun kerajinan ( batik khas madura terutama ) dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang baik akan menjadikan Madura unggul. 
     Langkah yang diambil kemudian adalah dengan mendobrak popularitas ( positif lho pokoknya ) dari Suramadu ( Surabaya-Madura). 
Apa sih maksudnya? Dalam sebuah perubahan yang signifikan, kadang diperlukan beberapa hal yang dapat dijadikan identitias dan ciri khas dari sebuah tempat. Surabaya, terkenal dengan kota Metroplitan dan juga pusat industri dan bisnis di Indonesia selain Jakarta. Jembatan Suramadu, sebagai keberhasilan bangsa Indonesia dalam menciptakan sebuah Trademark negara. 
Lalu, apa yang menjadi identitas dari pulau Madura? 
Madura tidak kalah dengan Bali, kita lihat apa di dalamnya!
Sumber : rotyyu.wordpress.com
Karapan sapi, pantai-pantai nyaman dan aman, sate-soto Madura, Nasi Serpang, Batik khas Madura, wisata religinya, dan masih banyak lainnya. Ini sebuah pulau lho? Jadi kenapa tidak bisa dijadikan " Bali 2 " untuk pulau Madura. 

Dengan banyaknya peluang itu, maka pemerintah Jawa Timur dan para pemerintah di Madura harus memikirkan cara agar dapat direalisasikan. Bagaimana caranya? Itu yang harus dipikirkan.
     Mari kita coba dahulu dengan beberapa hal yang sedang jadi trend dalam mengenalkan daerah, yaitu mengadakan sebuah pawai wisata daerah . Mungkin dapat membuat event " SURAMADU FESTIVAL " yang digelar 1 atau 2 kali setahun. Dengan mengangkat keragaman di wilayah Jatim dan Madura, melewati rute di jembatan Suramadu dan memberikan beberapa undangan, maka itu dapat menjadi trademark dari kegiatan tahunan yang dapat dikunjungi.
Mengenalkan jajanan dan batik dengan stand khusus yang ada, memajukan dan mempromosikan wisata dan kulinernya, adalah hal yang dapat dilakukan siapa saja.
     Plat-m.com, bukti sebuah situs yang memberikan gambaran itu. Saya yang sebelumnya sedikit tahu soal Madura, kini bertambah ilmu dan informasi karenanya. Kreatifitas dan apa yang dilakukan ini sangat membantu dalam perkembangan, tinggal bagaimana pemerintah dapat mendorong dan membantu untuk kelancarannya.
Banyak tindakan menjadi sebuah pembuktian, tapi diharap akan tetap berkelanjutan.
Surabaya - Madura, akan menjadi contoh dalam pembuktian keberhasilan pemerintah, selain Jembatan Suramadu untuk daerah-daerah lainnya.

     Sekian masukan dan saran yang dapat diutarakan. Bukan sebuah ide besar yang dapat saya berikan, namun lebih ke arah saran dan masukan yang dapat dilakukan.
Terlalu panjang? Sepertinya benar juga, tapi semoga dapat bermafaat dan berguna.
Bali tidak tercipta secara instan dan dalam kurun waktu yang pendek, begitu juga Madura ( Jatim ). Butuh kerjasama, baik dalam mengenalkan wisatanya ataupun dalam ber-investasi demi pembangunan dan kemajuan.
Diperlukan juga saling mengerti dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Saya yakin, kedepannya Madura akan menjadi lilin yang berdiri berdampingan dengan Surabaya diatas jembatan Suramadu.
Ingat! Kita adalah Jawa Timur, sebuah tempat dengan berbagai keragaman dari setiap ujung dan pelosoknya. Salam Blogger Tulungagung.

4 komentar:

  1. Artikel yang bagus,bangga dengan blocker Tulungagung

    BalasHapus
  2. Karapan sapi ne kui sing mesti dikenal wong akeh. Mantab, bro.

    BalasHapus
  3. Panggah wae nulis dirimu, bro. Siippp manteb.

    BalasHapus
  4. Q kerja di Hongkong 3 THN dlu Amat trsiksa Majikan gak baik Tiap hari di marahin kerja terus 24 jam jarang istrahat tidur mlm Kerja sampe subuh pgi klo lagi libur sekolah sibuk masak" boro" bisa istrirahat, pokoknya kerja.. kerja truss... jd TKW Bikin kapok tersiksa batin 3 THN, kebetulan wktu itu ada teman Q kenal namanya Mbah Jenggot di facebook, awalnya Q ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa..!! katanya sering di bantu sm beliau. ternyata dia seorang guru spritual Pesugihan Anka Togel 2D sampai 6D dan Pesugihan Dana Ghaib , tp Q beranikan diri coba telpon beliau. Tp Q memilih Pesugihan Dana Ghaib nya. Alhamdulillah benar2 terbukti nyata hasilnya, Q di Hongkong bisa pulang ke indonesia degan selamat jg dah Alhamdulilah ���� jika ada teman minat ingin tlpn beliau ini nmr nya +6282291277145 smg bisa di bantu sprti Q. Amin...




    BalasHapus

UNTUK MEMBANTU KELANGSUNGAN BLOG KAMI
DI MOHON UNTUK BERKOMENTAR TANPA MENYEMATKAN LINK DI DALAM KOMENTAR ,TERIMA KASIH
SALAM MEDIA ANIME AND PORTAL NEWS
Terima Kasih

Pengikut

 

PORTAL BERITA INDONESIA Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates